Seolah waktu berlari dan ketika benar-benar tersadar tahun ketiga masa perkuliahan sudah ada di depan mata. Seolah bertanya, apa saja yang sudah kamu lakukan 2 tahun belakangan ini? Lalu apa yang sudah kamu rencanakan untuk megisi waktuke depan?
                Menengok kembali rencana yang terancang semester lalu, tahun lalu, bahkan 2 tahun lalu. Mengevaluasinya dan kemudian sampai pada sebuah titik kesimpulan. Masih ada rencana yang sudah tertulis dari beberapa saat lampau dan belum tercoret dalam daftar list yang telah terlaksana. Masih ada banyak yang harus dievaluasi kembali sembari tetap mempersiapkan rencana ke depan. Keep in track ataukah harus mempersiapkan rencana cadangan?
                Rencana yang sudah dibuat bahkan dari semester awal kuliah, rencana kelulusan yang sudah dicanangkan bahkan dari semester 1, rencana jumlah SKS yang diambil setiap semester, dan beberapa rencana lain sepertinya harus masuk tahap evaluasi kembali. Pada kenyataannya hidup tidak bisa egois dan hanya peduli pada diri sendiri. Apa bahagianya jika checklist to do kita tercapai semua sedang banyak yang terkorbarkan? Sedang pada saat yang sama ada orang lain yang berjuang lebih keras karena pilihan itu? Jika memang masih ada pilihan untuk kompromi bijakkah untuk tetap memenangkan ego pribadi?
                Masih ada beberapa semester untuk memaksimalkan keberadaan di kampus. Masih ada waktu untuk mengejar yang ingin dilakukan selama masih menyandang status mahasiswa. Masih ada peluang untuk mengisi hidup dengan banyak hal bermanfaat lainnya. Dan itu memang sebuah pilihan.
                Betapa sepanjang perjalanan kuliah ini berulang kali niat harus kembali di luruskan. Apa yang dicari selama kuliah ini? Apa tujuan akhir yang ingin dicapai? Lalu apa lagi yang harus menjadi tujuan jika bukan ridhoNya? Bukankah jika ridhoNya sudah diberi dan keberkahan telah diturunkan maka tidak ada lagi hal yang akan menyulitkan? Dan hal yang sama berlaku dalam setiap perjalanan kehidupan.
                Bismillah, semester baru! Semangat baru! Semangat untuk berlomba-lomba dalam kebaikan. Semangat menuju surgaNya.
                Yaa muqollibal quluub tsabbit qolbii ‘ala thooatik. Tsabbit qolbii ‘alaa diinik. Ya Allah jaga aku dalam penjagaanMu karena Engkaulah sebaik-baik penjaga. Berikanlah yang tebaik bagiku. Terbaik dalam pandanganMu karena Engkaulah yang Maha Mengetahui.
2 hal yang jadi target semester ini : hafalan dan bisa nyetir mobil :D
Target IP dan kuliah masih sama dengan yang sebelum-sebelumnya. SEMANGAT!!! ^^