Indonesia adalah negara kaya dan subur. Itu adalah pernyataan yang sering kita dengar. Bahkan kalimat itu menjadi bagian dari bait lagu yang sering kita dengar. Dan hal itu memang benar adanya. Negara kita adalah negara kaya dengan sumber daya alam yang melimpah. Jumlah kekayaan alam Indonesia bukan jumlah yang sedikit. Seluruh kekayaan itu tersebar di seluruh wilayah Indoneia.
    Aku bangga menjadi anak Indonesia. Itu adalah kalimat yang akan diucapkan oleh setiap anak Indonesia jika mereka mengetahui dan merasakan kekayaan tersebut. Karena apa yang dimiliki Indonesia lebih dari cukup untuk memakmurkan seluruh rakyat Indonesia.
    Namun, kekayaan tersebut seolah hanya secara formalitas menjadi milik Negara Kesatuan Republik Indonesia. Karena pada kenyataannya kekayaan itu tidak dinikmati oleh semua kalangan. Dan entah mengapa, mereka yang lebih banyak menikmati adalah para pengusaha besar dan penguasa yang notabene telah memiliki harta yang banyak dn seharusnya mengolah kekayaan alam tersebut. Hal ini seolah lebih memperjelas lagi bahwa yang berhak memiliki kekayaan itu hanyalah mereka yang memiliki kekuasaan dan kekuatan untuk mempengaruhi orang lain.
    Tetapi perlu diingat bahwa menghujat dan menyesali bukanlah sikap yang bijaksana. Dan seharusnya sikap itu dihindari karena hanya akan semakin melemahkan kita. Seseorang yang bijak dapat tetap tersenyum bahkan disaat terburuk sekalipun karena dia belajar untuk mengambil hikmah dari setiap kejadian untuk dijadikan pelajaran dimasa yang akan datang. Karena itu, keadaan Indonesia saat ini dengan segala ironinya seharusnya tidak membuat kita lantas merasa malu menjadi warga negara ini. Untuk apa menghujat dan mencaci bila ternyata kita sendiri tidak memiliki kontribusi apapun untuk Indonesia tercinta ini. Karena sebenarnya kitalah yang seharusnya membenahi kerusakan yang ada. Yang dibutuhkan oleh ibu pertiwi saat ini adalah tindakan nyata dari anak bangsanya.
     Jangan tanyakan apa yang telah diberikan negara untukmu. Tapi, tanyakanlah pada dirimu sendiri. Apa yang telah kamu berikan untuk bangsa dan negaramu. Selamat berjuang!!! Semoga kita bisa memberikan kontribusi terbaik untuk Indonesia ini…